Kamis, 23 Juli 2020

BAB I INTERAKSI ANTARNEGARA ASIA DAN LAINNYA ; Benua-Benua Dunia




>Letak

Benua Asia terletak pada 26°BT - 170°BT dan 11°LS - 80°LU.

Hampir seluruh wilayahnya berada di belahan bumi utara, dan hanya sebagian kecil yang berada di belahan bumi selatan, termasuk Indonesia.

Batas Benua Asia:

Sebelah utara Samudra Arktik
Sebelah selatan Samudra Hindia di selatan,
Sebelah barat Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah
Sebelah timur serta dengan Selat Bering dan Samudra Pasifik di timur

>>Luas


Benua Asia memiliki luas mencapai 44.000.000 km² atau seperempat luas wilayah daratan dunia.

Wilayahnya membentang dari Turki di bagian barat sampai Rusia di bagian timur. Benua Asia juga meliputi Indonesia di selatan sampai Rusia di utara mendekati kutub utara. Dibandingkan dengan negara lainnya di Asia, maka Rusia adalah negara terluas di Benua Asia.

Benua Asia terbagi menjadi beberapa wilayah atau region yaitu Asia Barat atau Asia Barat daya (Asia Timur Tengah), Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Rusia.

Masing-masing wilayah memiliki ciri atau karakteristik yang membedakannya dengan wilayah lainnya. Pembagian tersebut lebih didasari oleh perbedaan budaya dibandingkan aspek fisik wilayah.

Amerika

>>Letak


Benua Amerika terletak pada 170°BT–35° BB dan 83° LU–55° LS.

Benua Amerika sering disebut juga sebagai Benua Merah. Sebutan itu didapat karena di benua tersebut terdapat Suku Indian. Suku Indian tidak berkulit merah namun sebenarnya kulit mereka berwarna merak karena dilumuri dengan cat merah.

Batas benua Amerika:


Sebelah utara: Samudra Arktik 
Sebelah selatan: Laut Weddel, Samudra Atlantik, dan samudera pasifik
Sebelah timur: Samudra Atlantik
Sebelah barat: Samudra Pasifik
Luas


>>Luas 

Benua Amerika mencapai 42.057.100 km². Secara geografis, Amerika terbagi atas empat kawasan atau region yakni kawasan Amerika Selatan, Amerika Utara, Amerika Tengah dan Kepulauan Karibia yang terletak di sekitar Amerika bagian tengah. Sejumlah ahli geografi berpendapat bahwa Meksiko masuk ke dalam wilayah Amerika Tengah. 

Eropa

>>Letak


Benua Eropa terletak pada 9°BB–60° BT dan 35° LU–80° LU.

Benua Eropa dijuluki sebagai benua biru karena dua alasan. Pertama, mayoritas penduduk Eropa memiliki bola mata berwarna biru. Kedua, sejak zaman dahulu, banyak kerajaan terkenal berada di Eropa sehingga dikenal adanya istilah darah biru (bangsawan).

Benua Eropa secara fisik sebenarnya menjadi satu dengan daratan Asia. Keduanya hanya dipisahkan oleh sebuah pegunungan yaitu Pegunungan Ural.

Namun, umumnya Eropa dan Asia masing-masing dianggap sebagai benua karena kedua benua tersebut memiliki budaya yang berbeda.

Jika dilihat letaknya, Benua Eropa berada di luar wilayah tropis. Artinya, iklim di wilayah Benua Eropa adalah subtropis dan sedang. Karena posisinya, Benua Eropa mengalami empat musim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin.

>>Luas


Luas Benua Eropa mencapai 10.355.000 km²

Secara geografis, Benua Eropa berbatasan dengan Samudra Arktik di utara, Laut Tengah di selatan, Samudra Atlantik di barat, serta Asia di timur. Batas Benua Eropa dengan Benua Asia adalah Pegunungan Ural, Selat Dardanella, dan Laut Kaspia.

Eropa terbagi atas empat kawasan atau region yakni kawasan Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Utara. 

Afrika


>>Letak


Afrika terletak pada 17°BB–52° BT dan 35° LU–34° LS.

Ini berarti Benua Afrika dilewati garis khatulistiwa, sehingga sebagian wilayahnya beriklim
tropis. Karena posisinya lintangnya, sebagian besar wilayah ini beriklim tropis kecuali bagian paling utara dan paling selatan.

Di kedua wilayah tersebut, iklim mulai memasuki zona subtropis. Keadaan iklim tersebut disebabkan oleh wilayah yang sangat luas dan dipagari plato.

Benua Afrika berbatasan dengan Laut Tengah di utara, Samudra Hindia di selatan dan timur, serta Samudra Atlantik di barat.

>>Luas


Benua Afrika merupakanbenua terbesar ketiga setelah Asia dan Amerika. Luas wilayah Afrika mencapai 30.290.000 km²

Secara geografis, Benua Afrika terbagi atas lima kawasan yaitu Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan.

Australia


>>Letak


Australia terletak pada 113° BT–155°BT dan 10° LS–43°0 LS.

Ini berarti ada bagian Australia yang memiliki iklim tropis, yaitu Australia bagian utara yang
berdekatan dengan Indonesia. Sebagian wilayah lainnya beriklim subtropis dansedang.

Berikut ini batas-batas geografis wilayah Australia.

Sebelah utara berbatasan dengan Laut Timor, Laut Arafuru, dan Selat Torres.
Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, Laut Tasman, dan Laut Coral. 
Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.
Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

>>Luas


Luas wilayah Benua Australia adalah 8.945.000 km2 dengan lebar sekitar 3.200 km dan panjang 3.700 km.

Hanya satu negara dalam satu benua merupakan keunikan lainnya dari Benua Australia, sehingga negara Australia memiliki luas wilayah yang sangat besar. Meski demikian sekitar dua pertiga wilayahnya berupa gurun.

Australia terdiri atas delapan negara bagian yaitu Australia Utara, Australia Selatan, Australia Barat, Victoria, New South Wales, dan Queensland, Tasmania dan Daerah Khusus Ibukota.




New South Wales merupakan negara bagian paling tua dan paling banyak penduduknya. Negara bagian terluas adalah Australia Barat. Victoria merupakan negara bagian terkecil dan terpadat kedua.

0 komentar:

Posting Komentar