Kamis, 23 Juli 2020

BAB I MANUSIA, TEMPAT DAN LINGKUNGAN ; Potensi Sumber Daya Alam

Hutan

Hutan Indonesia mencapai 99,6 juta hektar atau 52,4% dari luas wilayah Indonesia.

Luas hutan yang besar tersebut, saat ini masih dapat dijumpai di Papua, Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera. Di Jawa luas hutan telah mengalami penurunan karena terjadi alih fungsi untuk pertanian dan permukiman penduduk.


Minyak dan Gas Bumi

Minyak bumi dan gas merupakan sumber energi utama yang saat ini banyak dipakai untuk keperluan industri, transportasi, dan rumah tangga.

Cadangan minyak bumi Indonesia terus berkurang seiring dengan pengambilan atau eksploitasi yang terus dilakukan.

Diperkirakan dalam waktu 14 tahun ke depan cadangan tersebut akan habis dan Indonesia terpaksa harus mengimpor dari negara lain. Adapun daerah penghasil minyak bumi di Indonesia sebagai berikut:




Batu Bara


Cadangan batu bara Indonesia hanya 0,5% dari cadangan dunia, namun dilihat dari produksinya merupakan yang ke-6 terbesar di dunia dengan jumlah produksi mencapai 246 juta ton.

Batu bara adalah batuan sedimen yang terbentuk dari sisa tumbuhan yang telah mati dan mengendap selama jutaan tahun yang lalu. Unsur-unsur yang menyusunnya terutama adalah karbon, hidrogen, dan oksigen.

Batu bara digunakan sebagai sumber energi untuk berbagai keperluan, misalnya untuk pembangkit tenaga listrik, memasak, pembakaran pada industri semen, batu kapur, bijih besi, dan indusktri lainya.

Batu bara dapat dijumpai di Kalimantan Timur (Lembah Sungai Berau dan Samarinda), Sumatera Barat (Ombilindan Sawahlunto), dan Sumatera Selatan (Bukit Asam dan Tanjung Enim).

Bauksit


Indonesia memiliki potensi bauksit mencapai 1.262.710 ton.

Bauksit adalah sumber bijih utama untuk menghasilkan alumunium. Bauksit dimanfaatkan untuk industri keramik, logam, kimia, dan metalurgi.

Wilayah pertambangan bauksit di Indonesia terdapat di Kepulauan Riau (Pulau Bintang) dan Pulau Sebuku (Kalimantan Selatan).

Pasir Besi


Pasir besi dimanfaatkan untuk industri logam dan industri semen.

Aktivitas penambangan pasir besi dapat ditemukan di Cilacap (Jawa Tengah), Sumatera, Lombok, Yogyakarta, Gunung Tegak (Lampung), Pegunungan Verbeek (Sulawesi Selatan) dan Pulau Sebuku (Kalimantan Selatan).

Emas


Produksi emas Indonesia tahun 2003 mencapai 141.109 ton.

Tambang emas yang tersebar di Indonesia, antara lain Papua (Freeport Timika), Kalimantan Barat (Sambas), Nangroe Aceh Darussalam (Meulaboh), Sulawesi Utara (Bolaang Mongondow, Minahasa), Riau (Logos), dan Bengkulu (Rejang Lebong).

0 komentar:

Posting Komentar